Loading...

Mengenal Apa Itu Srikandi

5 Januari 2023 |

Image

SRIKANDI adalah sebuah aplikasi umum di bidang kearsipan yang dibuat oleh pemerintah sebagai upaya mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis pada sistem elektronik. SRIKANDI sendiri merupakan akronim dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi. Pemerintah Kota Tarakan merupakan salah satu target utama dari Kementerian Pusat untuk mulai menerapkan aplikasi SRIKANDI pada September 2022. Maka sejak September 2022, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan yang dalam hal ini menjadi leading sector mulai menyosialisasikan kepada perangkat daerah yang ada di Kota Tarakan. Hingga saat ini aplikasi SRIKANDI sudah digunakan oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Tarakan yaitu, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Dinas Kesehatan, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Mengapa dinamakan sistem kearsipan dinamis dan terintegrasi?

Dijelaskan oleh Kasie Pengelolaan Arsip Daerah, Dokumentasi, dan Sistem Informasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tarakan, Yurifah A.Md, “dinamakan demikian karena yang dikelola di SRIKANDI merupakan arsip-arsip yang bersifat dinamis. Arsip dinamis sendiri terbagi menjadi dua yaitu, arsip aktif dan arsip inaktif. Keduanya sering digunakan di perangkat daerah seperti contoh umumnya adalah surat masuk dan surat keluar. Sedangkan terintegrasi maksudnya adalah karena terhubung dengan menggunakan aplikasi SRIKANDI dari pemerintah daerah sampai dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

SRIKANDI diinisiasi oleh empat Kementerian yaitu, Kementerian Kominfo, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian PANRB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Semua surat-surat dinas yang masuk melalui aplikasi srikandi itu akan terjamin kerahasiaannya. “Aplikasi ini memudahkan serta mendukung program paperless dan di manapun kita berada bisa mengirim surat, mendisposisi kepala dinas atau pimpinan, wali kota bisa melalui aplikasi SRIKANDI. Kemudahan lain yang ditawarkan aplikasi srikandi adalah bisa diakses melalui handphone, pemberkasan atau pendataan juga lebih mudah dan karena tidak memerlukan filling cabinet atau sebuah ruangan khusus untuk menyimpan data, menekan biaya pengadaan kertas dengan adanya aplikasi srikandi,” tambahnya.

“Kendala yang dialami saat ini adalah masalah penemuan kembali berkas, seperti misalnya letaknya di mana, siapa yang menata. Dengan aplikasi SRIKANDI kendala tersebut dapat teratasi karena di dalam aplikasi SRIKANDI hal tersebut sudah terakomodir dengan baik. Kantor juga tidak perlu tempat khusus penyimpanan arsip yang sudah lama dan tidak mungkin dibuang karena takut kedepannya masih diperlukan, dengan adanya aplikasi SRIKANDI otomatis sudah tersimpan di server milik SRIKANDI. Aplikasi SRIKANDI juga sudah mengatur format surat untuk menghindari format surat bermacam-macam seperti contohnya penulisan font pada kop surat,” tutup Yurifah.


4133 views

«
»

Silahkan tulis saran, komentar dan pertanyaan dibawah!

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *