Loading...

Srikandi

3 Januari 2023 |

Image

Sosialisasi dilakukan karena ANRI baru saja mengesahkan Instrumen kearsipan berupa Klasifikasi Arsip dan Jadwal Retensi Arsip yang telah selesai dilakukan revisi. Klasifikasi arsip tertuang dalam Peraturan ANRI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Klasifikasi Arsip di Lingkungan ANRI, dan Peraturan ANRI Nomor 8 Tahun 2022 tentang Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan ANRI. Kedua instrumen kearsipan terebut diperlukan dalam rangka pengelolaan arsip dinamis. Hal ini juga merupakan amanah Pasal 40 Ayat (4), bahwa untuk mendukung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien pencipta arsip membuat tata naskah dinas, klasifikasi arsip, jadwal retensi arsip, serta klasifikasi keamanan dan akses arsip. Selain itu, ANRI sebagai instansi yang pertama melakukan implementasi aplikasi SRIKANDI merasa perlu untuk melakukan sosialisasi kembali terkait penggunaan SRIKANDI, dimana saat ini terdapat beberapa tambahan menu dan fitur-fitur baru yang sangat perlu untuk di sosialisasikan kepada seluruh pengguna di lingkungan ANRI.

Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik . Untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasion

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE

Aplikasi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) merupakan aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Dengan adanya Aplikasi SRIKANDI nantinya tidak perlu repot menata dan memberkaskan arsip dalam bentuk kertas karena dalam aplikasi sudah tersedia fitur pemberkasan arsip secara elektronik.


333 views